Kurikulum Program Studi Sosiologi

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.

Program Studi Sosiologi mempunyai kemampuan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memenuhi standar kompetensi bidang Ilmu Sosial terutama dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. dan society 5.0, Program  Studi Sosiologi UNS bertekad untuk selalu menghasilkan lulusan yang siap berkiprah di masyarakat dituntut lebih responsif terhadap kebutuhan, tuntutan, dan tren dalam masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut Program Studi Sosiologi menyusun kurikulum berbasis Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT), Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Pendidikan Berbasis Luaran (Outcome Based Education), dan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MB-KM).

Kurikulum yang digunakan dalam penyelenggarakan pendidikan di Program Studi sekarang adalah Kurikulum Program Studi Sosiologi 2021 yang telah disahkan berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Sebelas Maret Nomor 204.3/UN27/HK/2021. Kurikulum Program Studi Sosiologi 2021 disusun untuk mendukung tercapainya capaian pembelajaran lulusan yang telah ditetapkan dalam tujuan pendidikan Program Studi Sosiologi. Kurikulum Program Studi Sosiologi 2021 diharapkan mampu menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kompetensi holistik, baik softskills maupun hardskills.