Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.

Kurikulum yang saat ini masih berjalan di Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret yaitu Kurikulum 2014. Kurikulum 2014 diberlakukan bagi mahasiswa angkatan 2014, 2015, 2016 dan 2017. Hasil pendidikan perguruan tinggi tersusun atas kompetensi utama (disusun oleh konsorsium program studi sejenis dengan masukan dari stakeholder),  kompetensi pendukung, dan kompetensi lainnya (dikembangkan secara institusional sesuai dengan ciri program studi dalam rangka  tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi dan universitas penyelanggara kurikulum). Elemen kompetensi terdiri dari elemen kepribadian, penguasaan ilmu dan keterampilan, kompetensi berkarya, sikap dan perilaku dalam berkarya serta pemahaman atas kaidah kehidupan bermasyarakat.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi mengamanatkan bahwa Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT) dikembangkan oleh setiap perguruan tinggi dengan mengacu kepada Standar Nasional Perguruan Tinggi, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Peraturan Presiden No 8 tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) kemudian menjadi acuan pokok dalam penetapan kompetensi lulusan. Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 tersebut mengatur dan menjabarkan rumusan capaian pembelajaran. Pada tahun 2016, Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNS menerbitkan Buku Panduan Kurikulum. Buku ini menjadi dasar pengembangan kurikulum di tingkat program studi. Dengan demikian, kurikulum 2014 yang berlaku di Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret berbasis kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti). Kurikulum Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret mengandung profil lulusan, capaian pembelajaran, bahan kajian, mata kuliah beserta bobot sks dan sebaran semester.