Visi : Menjadi program studi sarjana sosiologi yang unggul dan inovatif untuk pemberdayaan masyarakat melalui pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang sosiologi yang berlandaskan nilai-nilai luhur budaya bangsa serta mampu bersaing di tingkat internasional pada tahun 2020.

Batasan Konsep dari Visi tersebut di atas adalah:

  1. Unggul  artinya program studi sosiologi memiliki kompetensi yang lebih tinggi dalam pemberdayaan masyarakat melalui proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Inovatif artinya program studi sosiologi memiliki kemampuan untuk mendayagunakan keahlian dalam menghasilkan ide-ide kreatif  untuk  memberdayakan masyarakat.
  3. Nilai-nilai luhur budaya bangsa artinya proses pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat mengacu pada empat (4) konsensus dasar bangsa yang meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bertaraf internasional artinya hasil proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada  Prodi Sosiologi mampu bersaing di tingkat Asia Tenggara.

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang menghasilkan sarjana sosiologi yang memiliki kompetensi sebagai peneliti sosial, perencana sosial, analis pembangunan masyarakat dan analis permasalahan sosial.
  2. Menyelenggarakan penelitian sosiologi yang aplikatif untuk pembangunan dan  pemberdayaan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang transformatif berbasis pada hasil penelitian untuk mendukung pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.
  4. Menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga baik nasional maupun internasional untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada

Menyelenggarakan tata kelola program studi berdasarkan budaya kerja  Universitas Sebelas Maret ACTIVE.

Tujuan:

Secara umum untuk menghasilkan sarjana sosiologi yang menguasai teori-teori sosiologi dan metode penelitian sosial agar memiliki kompetensi sebagai peneliti sosial, perencana sosial, analis pembangunan masyarakat dan analis permasalahan  sosial serta pelaku pengabdian pada masyarakat sebagai pendamping pemberdayaan.

Secara khusus tujuannya adalah:

  1. Menghasilkan sosiolog yang kompeten untuk berkontribusi dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.
  2. Menghasilkan produk penelitian yang aplikatif bagi kalangan akademik, pemerintah dan masyarakat.
  3. Menghasilkan produk pengabdian kepada masyarakat melalui rekayasa sosial dengan transfer pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat.
  4. Terjalinnya jaringan kerjasama kelembagaan dengan berbagai lembaga baik nasional maupun internasional untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Terwujudnya tata kelola program studi yang berorientasi masa depan, pelayanan prima, kerjasama tim, integritas, visioner dan berjiwa kewirausahaan.