Mahasiswa Sosiologi Dorong Transformasi Digital UMKM Syirka Ecoprint Melalui Program DigiBrand
SOSIO FISIP UNS (9/1) – Tim Hibah MBKM 1163 Periode Agustus-Desember 2024 menghadirkan program DigiBrand (Literasi Digital dan Media Branding) di Desa Cangkol, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo. Tim Hibah MBKM 1163 terdiri dari 6 mahasiswa Program Studi Sosiologi Universitas Sebelas Maret (UNS) angkatan 2022, yakni Khoiru Nisa Putri (D0322059), Aulia Farah Khairunnisa (D0322020), Rahul Muhammad Nuryani (D0322097), Rinjelia Maharani (D0322105), Salwa Hanun Mahfuzhoh (D0322111), dan Wildan Hakim Ma ‘ arif (D0322133). Kelompok ini dibersamai oleh Prof. Dr. Argyo Demartoto sebagai dosen pembimbing.
Tujuan utama program ini adalah untuk pemberdayaan terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bergerak dibidang fashion berbasis literasi digital dan media branding. Melalui penguatan literasi digital dan penerapan strategi branding di media sosial dan e-commerce, diharapkan UMKM dapat bersaing ditengah digitalisasi. Tim Hibah MBKM 1163 menawarkan beberapa program kerja seperti pendampingan manajemen dan penyusunan konten, baik di media sosial maupun e-commerce. Selanjutnya program pendampingan optimalisasi pemanfaatan marketplace dan media sosial untuk menunjang branding. Selain itu, Tim Hibah MBKM 1163 menyusun guide book dan melakukan sosialisasi terkait dasar-dasar digital marketing.
Dalam pelaksanaan program ini, Tim Digicare juga bekerja sama dengan INAmikro untuk perancangan strategi digital marketing. Berjalannya program ini terdapat beberapa tahapan. Tahap pertama adalah survei untuk mengidentifikasi kebutuhan dan tantangan yang dihadapi Syirka Ecoprint. Survei ini bertujuan untuk menggali informasi tentang kondisi UMKM saat ini dan memahami masalah yang perlu diatasi. Tahap selanjutnya adalah melakukan konsultasi dengan INAmikro, yang merupakan pakar UMKM, untuk pemecahan masalah dan penyusunan strategi. Setelah itu, implementasi strategi yang telah dirancang sesuai dengan kebutuhan Syirka Ecoprint. Proses ini kemudian dilanjutkan dengan tahap monitoring untuk memastikan strategi berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Tahapan terakhit yaitu evaluasi, tahap ini dilakukan untuk menilai hasil dari implementasi program dan memberikan rekomendasi perbaikan untuk pengembangan lebih lanjut. Dengan adanya Program DigiBrand, diharapkan dapat memberikan dampak terhadap peningkatan daya saing Syirka Ecoprint di pasar yang semakin kompetitif, melalui penguatan strategi pemasaran berbasis digital dan branding.
Penulis: Khoiru Nisa Putri (D0322059), Aulia Farah Khairunnisa (D0322020), Rahul Muhammad Nuryani (D0322097), Rinjelia Maharani (D0322105), Salwa Hanun Mahfuzhoh (D0322111), dan Wildan Hakim Ma ‘ arif (D0322133)
Editor: Triana Rahmawati dan Aisya Lu’luil Maknun