Mahasiswa Sosiologi Sukses Mengembangkan Intip Kekinian Melalui Program MBKM Semesta Wirausaha Merdeka 2024: Sentuhan Modern pada Cita Rasa Tradisional
SOSIO FISIP UNS (9/1) — Dalam rangka mendukung Program Wirausaha Merdeka (WMK) yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, kelompok mahasiswa dari prodi Sosiologi yang terdiri dari lima anggota yaitu, Zaenun Najib, Tisa Wiintan Kumala, Shinta Nur K., Shalsa Adinda D., dan Riska Alya R., telah berhasil mengembangkan produk unggulan dengan mengusung nilai tradisional dan inovasi modern. Dengan semangat kewirausahaan, kelompok ini mempersembahkan produk “Intip Kekinian” hasil kolaborasi antara nilai budaya dengan kreativitas anak muda.
Produk “Intip Kekinian” menghadirkan perpaduan cita rasa tradisional intip dengan sentuhan inovasi yang lebih modern berupa dark chocolate dan potongan kacang, yang tidak hanya menjaga keaslian rasa, tetapi juga memberikan pengalaman baru bagi konsumen. Usaha ini bermula dari riset mendalam dan diskusi kelompok mengenai potensi kuliner lokal yang memiliki nilai jual tinggi ketika dikemas dengan lebih modern.
Ketua tim sekaligus CEO kelompok, Zaenun Najib, menyampaikan bahwa produk yang mereka hasilkan tidak hanya sekadar inovasi, tetapi juga menjadi bentuk kontribusi nyata dalam melestarikan warisan budaya lokal. “Kami ingin menunjukkan bahwa produk tradisional seperti intip dapat memiliki nilai tambah dan relevansi di era modern, sehingga mampu menarik minat generasi muda tanpa menghilangkan identitas aslinya,” ujar sang CEO.
Program Semesta Wirausaha Merdeka 2024 melibatkan serangkaian kegiatan mulai dari general study, onboarding immersion, feasibility study, monev prototyping, bootcamp, piching dan demo day. Dalam proses pengembangan produk, mahasiswa Sosiologi belajar dari mitra lokal produsen Intip Kendil melalui wawancara dan observasi secara langsung. Selain itu, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) juga turut berkontribusi dalam pengembangan produk melalui bimbingan teknis, sehingga produk yang dikembangkan lebih relevan dan memiliki dampak yang lebih besar.
Program Wirausaha Merdeka tidak hanya memberikan pengalaman berharga bagi para peserta, tetapi juga menciptakan dampak positif yang nyata bagi masyarakat. Melalui program ini, mahasiswa didorong untuk mengembangkan ide-ide kreatif yang tidak hanya berorientasi pada keuntungan, tetapi juga membawa manfaat sosial. Harapannya, karya mereka dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus melestarikan budaya lokal dengan cara yang inovatif dan relevan dengan perkembangan zaman. Dengan menggabungkan nilai-nilai tradisional dan sentuhan modern, serta memegang komiteman tinggu untuk menghadirkan produk yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga bermakna, sehingga mampu menggugah kesadaran akan pentingnya melestarikan warisan budaya bangsa.
Penulis: Zaenun Najib, Tisa Wiintan Kumala, Shinta Nur K., Shalsa Adinda D., dan Riska Alya R.
Editor: Triana Rahmawati dan Aisya Lu’luil Maknun