Mahasiswa Sosiologi Adakan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) terkait Branding Media Sosial Wisata Budaya bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Laweyan

Mahasiswa Sosiologi Universitas Sebelas Maret (UNS) laksanakan kegiatan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Laweyan Surakarta pada Jumat malam, 7 Juni 2024. Diskusi dua arah ini diprakarsai oleh Tim Hibah MBKM Riset Periode Februari-Juli 2024 ID 754 yang diketuai oleh Nurul Khasanah (D0321080) dan beranggotakan Amalia Putri Ayoni (D0321010), Fine Anggitasari (D0321042), Gurun Pambudi (D0321044), Hanafi Yusron (D0321046), Nadhifa Tsabita Arlia Putri (D0321072), Syifa Salsabila Amaya (D0321094), dan Yesyka Wahyu Leonyta (D0321106). Di bawah bimbingan Dr. Argyo Demartoto, M. Si. selaku Kepala Program Studi S-1 Sosiologi FISIP UNS, kegiatan KIE ini berlangsung di Kantor Kelurahan Laweyan, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta.

 

Perkembangan era digital telah menghadirkan tuntutan baru terhadap berbagai sektor, termasuk sektor pariwisata, untuk mulai beradaptasi dan tetap relevan dengan kemajuan yang terjadi. Salah satu cara adaptasi yang dapat dilakukan oleh pihak pengelola wisata, yaitu penguatan digital branding di media sosial. Adanya urgensi untuk menyesuaikan diri dan melek terhadap tuntutan teknologi, termasuk dalam hal branding media sosial pada objek wisata budaya di Surakarta, telah mendorong diadakannya kegiatan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) ini. Diskusi tersebut dirancang sebagai sarana komunikasi dua arah antara Pokdarwis Laweyan dan Tim Hibah MBKM Riset. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi kelompok sadar wisata akan pentingnya pemanfaatan media sosial guna meningkatkan visibilitas objek wisata yang dinaunginya. Tak hanya itu, bagi Tim Hibah MBKM Riset, kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi sarana bertukar ilmu dan pengalaman terkait branding pariwisata budaya dari Pokdarwis Kelurahan Laweyan.

 

Kegiatan KIE ini diawali dengan sambutan dari Bapak Tom Festarandi selaku Ketua Pokdarwis Laweyan. Selanjutnya, Tim Hibah MBKM Riset memberikan pemaparan artikel hasil penelitiannya yang berjudul “New Media sebagai Arena Promosi: Pengelolaan Media Sosial Objek Wisata Budaya Pura Mangkunegaran Surakarta”. Kegiatan diskusi tersebut mendapatkan sambutan hangat dari pihak Pokdarwis Laweyan yang antusias dalam sesi tanya jawab interaktif yang dipandu oleh Amalia Putri Ayoni sebagai moderator. Rangkaian kegiatan yang berdurasi sekitar 2 jam ini diakhiri dengan sesi dokumentasi bersama. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan terjalin kerja sama yang baik antara Sosiologi FISIP UNS dengan Pokdarwis Laweyan demi pengembangan pariwisata lokal berbasis digital di Surakarta.

 

Penulis:

Nurul Khasanah (D0321080), Amalia Putri Ayoni (D0321010), Fine Anggitasari (D0321042), Gurun Pambudi (D0321044), Hanafi Yusron (D0321046), Nadhifa Tsabita Arlia Putri (D0321072), Syifa Salsabila Amaya (D0321094), dan Yesyka Wahyu Leonyta (D0321106)