Asah Kepekaan Terhadap Fenomena Sosial Terkini Melalui Kegiatan MBKM di Tribun Solo

SOSIO FISIP UNS (11/6)-Kegiatan Magang Mandiri merupakan salah satu program dari Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM). Program ini adalah salah satu wadah yang diciptakan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mahasiswa yang ingin mengimplementasikan teori-teori yang didapatkan dari mata kuliah yang telah ditempuh kemudian diwujudkan menjadi praktek kerja nyata. Berbeda dengan MBKM Hibah yang dilakukan secara berkelompok, Magang Mandiri dilakukan secara individu. Berbeda juga dengan MSIB, kegiatan Magang Mandiri ini menuntut kemandirian dan inisiatif mahasiswa untuk lebih proaktif mengkomunikasikan ketertarikan serta kebutuhannya untuk masuk ke dalam industri kerja lewat kegiatan magang.

 

Purwati Eka Novitasari NIM D0321082, merupakan salah satu mahasiswi dari Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNS yang aktif mengikuti kegiatan Magang Mandiri pada Periode Februari s/d Juni 2024. Kegiatan magang tersebut bertempat di Tribun Solo, salah satu perusahaan media yang bertempat di Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar. Dr. Argyo Demartoto, M.Si., selaku Dosen Pembimbing Lapangan senantiasa membimbing dan mendampingi peserta magang. Sari menempati posisi sebagai Editor di portal Tribun Style. Isi berita yang ditulis mencakup beberapa kanal seperti dating, friendship, kids, millennial, story, dan teens. Kegiatan yang dilakukan sehari-hari adalah menyunting isi konten dari beberapa artikel yang telah ada, dimodifikasi beberapa bagian agar lebih menarik dan diminati khalayak. Jika memungkinkan, peserta magang diberikan peluang untuk menulis artikel dari ide sendiri dan kemudian diunggah pada website Tribunstyle.com. Tidak hanya Tribun Style, ada beberapa portal Tribun yang lainnya. Misalnya terdapat portal Tribun News yang menyajikan berita-berita hangat terbaru, kemudian ada Tribun Video yang berisi video-video gambaran nyata dari berita yang telah disajikan, ada juga Tribun Health yang di dalamnya berisi peduli kesehatan, dan masih banyak lagi portal lainnya. Selain menjadi editor artikel, peserta magang juga diberi wadah untuk belajar editing video atau bisa terjun secara langsung di lapangan untuk menjadi wartawan.

 

Banyak hal yang bisa menjadi pembelajaran dari keikutsertaan Magang Mandiri di Tribun Solo, salah satunya peserta bisa lebih melek berita, cepat tanggap dengan fenomena-fenomena yang terjadi di masyarakat. Menulis berita juga bisa dijadikan salah satu jembatan agar bisa memahami tata cara penulisan ilmiah yang baik dan benar. Pengalaman yang didapatkan tidak hanya berasal dari penulisan konten semata, namun juga bisa dari praktek kerja lapangan sebagai wartawan, di mana peserta magang bisa belajar cara komunikasi yang baik dengan narasumber yang akan diwawancarai, atau bahkan dengan masyarakat luas.

 

Penulis: Purwati Eka Novitasari

Editor: Novel Adryan Purnomo