Studi Independen Digital Marketing Rapid Bootcamp di PT Linkdataku Solusi Indonesia

SOSIO FISIP UNS (16/6)-PT Linkdataku Solusi Indonesia sebuah perusahaan yang bergerak di bidang solusi data dan analitik sebagai salah satu mitra dari program Kampus Merdeka, Magang dan Studi Independen Batch 6. Salah satu anak perusahaan dari PT Linkdataku Solusi Indonesia adalah Maxy Academy. Maxy Academy adalah sebuah platform edukasi online yang memberikan e-course untuk mahasiswa ataupun orang-orang yang ingin menambah serta meningkatkan skill terutama di Digital Marketing, Front End, Back End, dan UI/UX. Maxy Academy memiliki visi “Mencetak 1.000.000 talenta digital dan 1.000 digital & wirausaha sosial Indonesia pada tahun 2030” sedangkan misinya adalah:

  1. Menjembatani adaptasi mahasiswa dari dunia akademik menuju dunia kerja.
  2. Menciptakan wadah mikro untuk generasi kedepan secara meta.
  3. Menggunakan AI untuk membantu komunitas kecil mendapatkan akses edukasi yang berkualitas.

Studi Independen Digital Marketing dirancang untuk membekali peserta dengan keahlian digital marketing yang mumpuni dan siap pakai di dunia kerja. Digital Marketing adalah salah satu media pemasaran yang saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat untuk mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan. Media sosial yang merupakan salah satu bagian dari media pemasaran menjadi salah satu pertimbangan karena penggunaannya yang mampu menjadi sorotan publik dalam kehidupan sehari-hari. Kehadiran media sosial juga mampu mempengaruhi penggunaannya dalam bertindak (Gumilang, 2019).

Proses pelaksanaan Studi Independen Digital Marketing Rapid Bootcamp di PT Linkdataku Solusi Indonesia memfokuskan pada berbagai aspek penting dalam dunia digital marketing, seperti:

  1. Pemahaman Dasar Digital Marketing, penulis mempelajari konsep-konsep fundamental digital marketing, seperti SEO, SEM, Social Media Marketing, Content Marketing, serta E-mail Marketing.
  2. Strategi Digital Marketing, penulis dibekali dengan pengetahuan dan kemampuan untuk merancang strategi digital marketing yang efektif untuk mencapai tujuan bisnis yang spesifik.
  3. Pelaksanaan Kampanye Digital Marketing, pada kegiatan yang diberikan oleh Maxy Academy saya sebagai penulis berkesempatan untuk mengikuti virtual internship bersama perusahaan Millionaire Club Indonesia, penulis ditugaskan untuk menjalankan kampanye digital marketing di berbagai platform seperti Google Ads, Instagram Ads, serta TikTok Ads.
  4. Analisis Data Digital Marketing, penulis mempelajari cara untuk menganalisis data digital marketing untuk mengukur efektivitas kampanye yang sudah dijalankan dan membuat keputusan yang tepat untuk meningkatkan performa konten berikutnya.

Dalam melaksanakan Studi Independen pada MSIB Batch 6 ini penulis mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat yang tidak didapatkan dalam mata kuliah di Sosiologi UNS terutama dalam menghadapi dunia kerja yang nyata, mulai dari kemampuan berkomunikasi, bernegosiasi bersama calon klien sampai dengan menjalankan iklan di media sosial.

Penulis: Diva Putri Lasmoro (D0321033)

Dosen Pembimbing: Dr. Akhmad Ramdhon, S. Sos., M. A

Editor: Novel Adryan Purnomo