Talkshow & Pameran Kewirausahaan Sosiologi UNS

SOSIO FISIP UNS (19/06) – Pada hari Rabu, 19 Juni 2024, Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret Surakarta telah menyelenggarakan acara Talkshow dengan tema pendampingan kewirausahaan dan Bazar produk usaha mahasiswa Program Studi Sosiologi angkatan 2022. Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang kewirausahaan kepada mahasiswa, serta memberikan panduan praktis dalam memulai usaha mandiri.

Acara dimulai dengan sambutan dari Dr. Argyo Demartoto, M.Si. selaku Kepala Program Studi Sosiologi FISIP UNS dan Dr. LV Ratna Devi Sakuntalawati, M.Si. selaku Dosen Mata Kuliah Kewirausahaan yang menginisiasi dilaksanakannya Pameran Bazar Kewirausahaan. Bazar kewirausahaan turut dimeriahkan dengan kehadiran Putra Putri Solo 2023 yang memberikan sosialisasi mengenai program kerja dan pendaftaran Putra Putri Solo 2024 yang terbuka untuk diikuti oleh mahasiswa dengan domisili Surakarta.

Kegiatan selanjutnya yaitu, Talkshow kewirausahaan yang mengundang dua narasumber ekspert yaitu, Yuda Mei Lukmana dan Lewi Liwa Lawe. Keduanya adalah seorang praktisi kewirausahaan yang telah berhasil menjalankan usahanya dengan memanfaatkan teknologi. Kedua narasumber akan memberikan wawasan serta berbagi pengalaman mereka dalam memulai dan mengelola usaha. Sehingga para mahasiswa mampu mengambil inspirasi dalam mereka menjalankan usaha. 

Yuda Mei Lukmana merupakan CEO dari PT. Inamikro Bisnis di Indonesia. Pada kesempatan kali ini, Yuda memaparkan mengenai pengalaman dan komitmennya dalam mendampingi pemilik usaha untuk memiliki hak, perizinan, NIB, sertifikasi halal, dan lain sebagainya. Ia menekankan bahwa pengusaha membutuhkan mentor dan coach untuk membantu dalam mengarahkan bisnis. Saat ini, PT Inamikro juga membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk bekerjasama dalam berbagai kesempatan, seperti program MBKM, magang, dan lain sebagainya.

Pada kesempatan selanjutnya, Lewi Liwa Lawe turut memaparkan mengenai hal-hal yang perlu dilakukan sebagai pengusaha.

“Menjadi pengusaha itu harus terbiasa menghadapi masalah. Maka untuk berwirausaha kita butuh kemampuan sales dan marketing, leadership dan problem solving, serta finance,” terang Lewi.  

Acara yang dilaksanakan di Public Space FISIP UNS, dari pukul 09.00 – 12.00 WIB ini juga menampilkan Bazar produk mahasiswa. Bazar usaha yang digelar seiring dengan acara ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa Sosiologi UNS untuk memamerkan produk dan layanan mereka kepada masyarakat. Acara dengan tagline “Stop Dreaming, Start Doing” ini diharapkan dapat memberikan pengalaman berharga dalam mengelola dan mengembangkan keterampilan kewirausahaan mahasiswa secara langsung serta memperluas jaringan dalam komunitas akademik dan profesional.

 

Penulis: Triana Rahmawati dan Aisya Lu’luil Maknun