Dosen Sosiologi FISIP UNS Lolos Uji Kompetensi Pengadaan Barang dan Jasa Level 1

SOSIO FISIP UNS (5/8)-Kantor Pengadaan Barang dan Jasa (KPBJ) Universitas Diponegoro sebagai Lembaga Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Terakreditasi A oleh LKPP menyelenggarakan pelatihan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJP) dan Ujian Sertifikasi Ahli Level 1 dengan metode blanded learning, bimbingan teknis Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJP) dan ujian sertifikasi ahli pengadaan level 1, refreshment materi dan ujian sertifikasi ahli level 1, serta pelatihan kompetensi PBJP untuk PPK tipe C dengan metode Blanded Learning. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM di bidang pengadaan barang/jasa pemerintah sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2028 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang menyatakan bahwa Pegawai Negeri Sipil yang akan menjalankan tugas sebagai Pejabat Pembuat Komitmen wajib memiliki sertifikat kompetensi.

Rangkaian Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJP) dan Ujian Sertifikasi Ahli Level 1 dengan metode blanded learning dimulai dengan pendaftaran online pada tanggal 9 Juli 2024, self – learning tanggal 16-26 Juli 2024 pada laman elearninig.lkpp.go.id, dilanjutkan dengan pertemuan tatap muka pada tanggal 29-31 Juli 2024. Materi pembelajar terdiri dari 6 modul, yaitu Pengantar Manajemen Rantai Pasok, Pengantar Pengadaan Barang Jasa Pemerintah, Melakukan Perencanaan PBJP Level 1, Melakukan Pemilihan Penyedia Level 1, Mengelola Kontrak PBJP Level 1, dan Pengelolaan PBJP secara Swakelola Level 1. Puncak dari rangkaian kegiatan pelatihan tersebut adalah ujian offline di Semarang melalui CAT. Ujian Sertifikasi Kompetensi SDM Pengadaan Level 1 dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2024 di Laboratorium Universitas Diponegoro Semarang. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam dua sesi yaitu sesi 1 pukul 08.49 – 10.49 WIB dengan total 24 peserta dan sesi 2 pukul 12-14.00 WIB dengan total 21 peserta.

Salah satu peserta yang lolos Ujian Sertifikasi Ahli Level 1 yaitu Shubuha Pilar Naredia, S.Sos., M.Si., Dosen Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik,Universitas Sebelas Maret Surakarta (FISIP UNS) atau yang biasa akrab dipanggil Shubuha. Shubuha berhasil lulus ujian sertifikasi kompetensi dengan skor grade 1039,81. Sertifikasi PBJP Level 1 ini menjadi penting diperlukan sebagai prasyarat untuk menjadi pelaku Pengadaan Barang/Jasa seperti Pejabat Pembuat Komitmen, Pejabat Pengadaan, dan Anggota Kelompok Kerja Pemilihan. Hal tersebut diperlukan sebagai prasyarat pembentukan bagi para Fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Penulis : Shubuha Pilar Naredia

Editor: Novel Adryan Purnomo