Magang Mahasiswa Sosiologi di Badan Narkotika Nasional Kota Surakarta, Lakukan Sosialisasi Kepada Masyarakat Akan Bahaya Narkotika

SOSIO FISIP UNS (31/08) – Empat mahasiswa dari Program Studi Sosiologi, Universitas Sebelas Maret (UNS) menjalani kegiatan magang di Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Surakarta. Kantor BNN Kota Surakarta ini terletak di Belakang Kantor Kecamatan Laweyan, tepatnya di Jl. Ki Ageng Mangir Gang 2, Penumping, Laweyan, Surakarta, 57141.

Badan Narkotika Nasional (disingkat BNN) adalah sebuah Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) Indonesia yang mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, psikotropika, prekursor dan bahan adiktif lainnya. BNN Kota Surakarta dipimpin oleh Kombes Pol. I Gedhe Nakti Widhiarta, S.I.K. selaku Kepala BNN Kota Surakarta.

Kegiatan magang dilaksanakan selama 30 hari, yang dimulai pada tanggal 1 Agustus hingga 30 Agustus 2024. Mahasiswa yang melaksanakan magang, antara lain Aulia Farah Khairunnisa (D0322020), Khoiru Nisa (D0322059), Rahul Muhammad Nuryani (D0322097), dan Fahrul Rochman Nurhidayat (D0322139) dengan Dosen Pembimbing Ibu Dra. Sri Hilmi Pujihartati, M.Si. Mahasiswa diterima dengan baik oleh Ibu Masriya Kumala, S.IP, M.Si dan Bapak Heri Susanto, S.H. yang merupakan pembimbing lapangan mahasiswa selama magang di BNN Kota Surakarta.

Mahasiswa mengikuti program kegiatan dari BNN, yaitu program P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai bahaya penyalahgunaan narkotika, efek sampingnya, serta tindakan preventif yang dapat dilakukan untuk mencegah narkoba. Kemudian, terdapat juga program Pengolahan dan Pemetaan Data Indeks Kawasan Rawan Narkoba (IKRN). Pemetaan ini dilakukan untuk memetakan di mana kawasan yang rawan dengan tindakan penyalahgunaan narkoba. Apabila sudah terpetakan, maka BNN akan mengambil tindakan dengan cara mengecek daerah rawan tersebut, melakukan penyuluhan pada daerah yang rawan, dan daerah tersebut akan dijadikan atau diikutsertakan dalam program Kelurahan Bersinar. Selain itu, terdapat program Sosialisasi Ketahanan Keluarga & Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM), kegiatan ini merupakan tentang bagaimana cara menangani dan berkomunikasi dengan seorang penyalahguna narkoba. Program tersebut dilakukan apabila salah satu anggota keluarga menjadi penyalahguna narkoba, maka akan diberikan sosialisasi atau pengarahan kepada anggota keluarga di daerah tersebut.

TAT atau Tim Asesmen Terpadu merupakan tim yang dibentuk untuk menentukan apakah tersangka adalah seorang penyalahguna, pecandu, kurir, atau mungkin seorang bandar narkoba. TAT dapat menjadi sangat penting karena untuk dapat mengetahui secara nyata, benar tidaknya korban atau seorang pelaku. Tim Asesmen Terpadu terdiri atas tim hukum yang bertugas melakukan analisis dalam kaitan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika, serta penyalahgunaan narkotika, yang berkoordinasi dengan penyidik yang menangani perkara. Sementara itu, tim dokter bertugas melaksanakan asesmen dan analisis medis, psikososial, dan merekomendasi rencana terapi dan rehabilitasi terhadap pelaku penyalahguna narkotika. TAT diperlukan untuk melakukan asesmen dan analisis medis dan psikososial, serta merekomendasikan rencana terapi dan rehabilitasi terhadap seseorang yang telah ditangkap dan atau tertangkap tangan untuk menentukan rehabilitasi.

Selama periode magang berlangsung, mahasiswa terlibat dalam kegiatan Break Talk, yaitu dialog interaktif yang dilakukan untuk mengedukasi masyarakat tentang pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkoba, serta meningkatkan kesadaran publik mengenai bahaya narkoba di sela-sela jam makan siang. Mahasiswa juga terlibat dalam kegiatan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat di beberapa kelurahan dan sekolah-sekolah yang ada di Surakarta. Selain itu, mahasiswa juga terlibat dalam kegiatan TAT dan turut serta dalam membantu melakukan pengisian survei di beberapa wilayah.

Pada tanggal 30 Agustus 2024, dilakukan kegiatan pelepasan mahasiswa magang secara simbolik. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BNN Kota Surakarta, Kombes Pol. I Gedhe Nakti Widhiarta, S.IK., Kepala Program Studi Sosiologi selaku Dosen Pendamping, Dr. Argyo Demartoto, M.Si. beserta keempat mahasiswa magang.

 

Penulis:

Aulia Farah Khairunnisa (D0322020), Khoiru Nisa (D0322059), Rahul Muhammad Nuryani (D0322097), dan Fahrul Rochman Nurhidayat (D0322139).

Editor:
Triana Rahmawati dan Aisya Lu’luil Maknun