Pertamina Patra Niaga Boyolali Gelar Seminar Enterpreneurship Perempuan Berdaya

SOSIO FISIP UNS (13/10) – Triana Rahmawati, S.Sos., M.Sos. Dosen Program Studi Sosiologi berkesempatan untuk menjadi pembicara pada kegiatan seminar entrepreneurship yang diselenggarakan oleh Pertamina Patra Niaga Boyolali. Kegiatan seminar telah berlangsung pada Rabu, 18 September 2024 bertempat di Aula PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Boyolali. PT Pertamina Niaga Boyolali merupakan bagian dari PT Pertamina (Persero) yang memiliki komitmen untuk mendukung pengembangan di bidang ekonomi dengan berbagai program dan kegiatan, misalnya dengan menyelenggarakan seminar ataupun pelatihan. 

 

Salah satunya yaitu seminar entrepreneurship yang mengangkat tema “Seminar Perempuan Berdaya, Memulai Bisnis Rumahan untuk Pemula bagi Ibu Rumah Tangga.” Kegiatan ini dihadiri oleh pekerja perempuan dan organisasi atau perkumpulan istri pegawai pertamina yang disebut sebagai Persatuan Wanita Patra (PWP) Pertamina Patra Niaga Boyolali. Pada kesempatan tersebut, Triana Rahmawati, S.Sos., M.Sos. yang memiliki latar belakang sebagai social entrepreneur, memberikan materi mengenai cara bagi pemula khususnya perempuan yang memiliki keinginan untuk memulai usaha atau bisnis. Beberapa tahapan penting perlu untuk diperhatikan dalam memulai dan menjalankan usaha, antara lain starting, profiting, systemizing, multiplying, dan investor. Tahapan pertama yaitu starting, merupakan langkah awal bagi pengusaha untuk memahami hal-hal fundamental dalam memulai bisnis yang ingin dijalankan. Kedua, profiting yaitu penghasilan atau keuntungan yang didapatkan dari bisnis perlu untuk dikelola dengan strategi sebaik mungkin untuk mencapai pengelolaan keuangan yang maksimal. Ketiga, systemizing merupakan langkah yang penting untuk merancang dan membangun sistem operasional usaha dengan efektif dan efisien. Multiplying, pada tahap ini usaha yang sedang dijalankan perlu untuk dilakukan pengembangan dan peningkatan nilai usaha supaya dapat berkelanjutan. Tahap terakhir yaitu, investor yaitu proses untuk mulai menarik perhatian investor untuk menanam saham di usaha atau bisnis yang sedang dijalankan dengan tujuan untuk mendapatkan dukungan finansial.

 

Pemaparan Triana Rahmawati, S.Sos., M.Sos. berjalan dengan lancar, yang kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi. Peserta seminar yang hadir aktif dalam mengajukan pertanyaan maupun berdiskusi mengenai rencana usaha yang sudah maupun yang akan dijalankan. Diharapkan adanya seminar ini bisa memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi peserta terkait ilmu wirausaha. 

 

Penulis: Aisya Lu’luil Maknun