Pengalaman Mahasiswa Sosiologi Mengikuti Studi Independen di Sekolah Ekspor Lacorre

SOSIO FISIP UNS (14/6)-Pada zaman sekarang, mahasiswa memiliki banyak kesempatan untuk berkembang dan belajar secara mandiri. Mahasiswa diberi fasilitas untuk belajar tidak hanya di dalam kelas saja tetapi mahasiswa juga diperlukan untuk belajar diluar kelas agar mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas. Salah satunya mahasiswa yang bernama Regina Diandra yang mengikuti studi independen Vokasi Ekspor Fesyen di Sekolah Ekspor PT LaCorre Loka Maya, yang bertempat di Kota Tangerang. Studi independen ini dilaksanakan pada bulan Februari hingga juni 2024.

 

Pembelajaran pada studi independen ini dilakukan secara online yang dipimpin oleh mentor untuk memaparkan program – program yang telah disediakan. Kami juga mendapatkan bimbingan dari Dosen Program Studi Sosiologi FISIP UNS, Dr. Argyo Demartoto, M.Si. Program ini bertujuan untuk membantu Regina Diandra dan mahasiswa lain mengelola dan mengembangkan usaha ekspor dengan menggunakan teknologi digital agar usahanya berdaya saing dan berkelanjutan. Regina Diandra berposisi sebagai peserta dengan mahasiswa yang lain mendapatkan pengetahuan menyeluruh tentang industri ekspor fesyen secara teoritis dan praktis.

 

Pembelajaran teoritis pada program ini berfokus pada “ 7n1 Arrows Of Export Management ” yang memiliki 8 klaster modul yaitu Export Research and Strategy, Product Development, Digital Business Branding & Marketing, Export Business Matching, Export Payment and Documentation, Export Logistics, Cross Border Customs, Export Push The Pedal. Dari 8 klaster modul ini diharapkan mahasiswa untuk paham bagaimana cara agar membuat produk yang  dapat dipasarkan secara internasional.

 

Dari kegiatan diikuti Diandra dan peserta lain ini mentoring, melaksanakan project, praktikum secara individu maupun kelompok ini telah menghasilkan banyak produk yang dihasilkan oleh peserta untuk dipromosikan dan ditampilkan, dari produk fesyen, kerajinan tangan,dan produk hasil kekreatifan peserta lainnya. Dengan banyak step – step dan persiapan yang telah direncanakan di tiap kelompok, salah satunya kelompok Diandra yang membuat project untuk produk “Kebaya Ecoprint”.

 

Tujuan dari kelompok Diandra untuk membuat perencanaan produk “Kebaya Ecoprint” agar dapat di ekspor ke pasar Internasional khususnya Amerika Serikat yang memiliki pasar yang begitu luas khususnya untuk batik, apalagi batik ecoprint ini yang diproduksi dari bahan alami dan ramah lingkungan tanpa bahan kimia yang memiliki biasa khusus. Dalam project pembuatan perencanaan produk ini dijalankan sesuai dengan 8 klaster modul tadi agar lebih tertata dan lebih jelas dalam pembuatan laporan, publikasi, promosi, dokumen, perencanaan biaya produksi dan logistik, juga persyaratan ekspor lainnya agar dapat menunjang kekreatifan, pengetahuan, dan wawasan yang telah diberikan dalam setiap program ini.

 

Penulis : Regina Diandra Aji Dewani (D0321087)

Editor : Novel Adryan Purnomo