Penyelenggaraan Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Jurnal Ilmiah di Prodi Sosiologi UNS

SOSIO FISIP UNS (18/10) – Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, mengadakan kegiatan pelatihan pengelolaan jurnal ilmiah dengan judul “Optimalisasi Jurnal Jodasc melalui Pelatihan Pengelolaan Jurnal.” Kegiatan ini berlangsung secara daring melalui Zoom Meeting dan dihadiri oleh berbagai civitas akademika, yaitu Kaprodi S1 Sosiologi, editor in-Chief Jurnal Jodasc, dosen, serta mahasiswa.

 

Pelatihan ini diselenggarakan sebagai upaya Prodi Sosiologi dalam meningkatkan kualitas dan daya saing jurnal ilmiah yang dikelolanya, terutama di tengah tantangan pengelolaan jurnal yang semakin kompleks. Mengingat pentingnya publikasi berkualitas dalam dunia akademik, kegiatan ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang proses dan tata kelola jurnal ilmiah sesuai dengan standar yang baik.

 

Kegiatan pelatihan ini dimulai dengan sesi sambutan. Kegiatan dibuka oleh moderator yang memandu registrasi peserta melalui google form. Setelah itu, sambutan disampaikan oleh Prof. Dr. Argyo Demartoto, M.Si., yang menekankan pentingnya pengelolaan jurnal yang profesional untuk menjaga kredibilitas publikasi dan meningkatkan reputasi Prodi Sosiologi di kancah akademik. Prof. Argyo menjelaskan bahwa jurnal ilmiah bukan hanya sekadar wadah publikasi, tetapi juga berfungsi sebagai indikator kemajuan dan kualitas riset di institusi pendidikan tinggi.

 

Pada sesi pelatihan ini Prodi Sosiologi mengundang seorang narasumber pengelola Jurnal Religia yang telah terakreditasi Sinta 2 dan Jurnal JAS yang terakreditasi Sinta 3. Narasumber pada pelatihan ini adalah Syamsul Bakhri, S.Pd., M.Sos., seorang dosen dari Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan yang memiliki pengalaman luas dalam pengelolaan jurnal akademik. Dalam sesi pertama, beliau menyampaikan materi mengenai pengelolaan jurnal melalui OJS, yang mencakup teknis editorial, penentuan DOI (Digital Object Identifier), serta strategi pengembangan jaringan untuk mendapatkan manuskrip eksternal. Dengan metode penyampaian yang interaktif, peserta diajak untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman terkait tantangan yang mereka hadapi dalam pengelolaan jurnal.

 

Sesi kedua adalah sesi tanya jawab dan evaluasi. Pada sesi ini peserta dapat langsung berinteraksi dengan narasumber. Pada sesi ini nampak tingginya antusiasme peserta apabila dilihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan. Beberapa pertanyaan tersebut mengenai proses review, tantangan dalam penerbitan, dan cara meningkatkan jumlah manuskrip yang diterima. Diskusi ini memberikan pengetahuan baru bagi para peserta untuk memahami lebih dalam berbagai aspek pengelolaan jurnal yang efektif.

 

Setelah sesi tanya jawab, kegiatan dilanjutkan dengan sesi evaluasi dan diakhiri dengan penutup. Pada sesi ini moderator meminta peserta untuk mengisi formulir evaluasi terkait kegiatan pelatihan. Evaluasi ini bertujuan untuk mendapatkan masukan berharga dari peserta, sehingga kegiatan serupa di masa mendatang dapat lebih baik dan lebih bermanfaat.

 

Pelatihan diakhiri dengan kesimpulan yang disampaikan oleh moderator, yang menekankan bahwa pelatihan ini diharapkan dapat memperkuat kapasitas pengelola jurnal di lingkungan Prodi Sosiologi. Dengan peningkatan keterampilan dan pengetahuan yang didapatkan, diharapkan para pengelola jurnal dapat menghadapi berbagai kendala yang ada, termasuk keterbatasan anggaran dan kekurangan manuskrip yang diterima.

 

Dengan adanya pelatihan ini, Prodi Sosiologi berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas jurnal “Journal of Development and Social Change” (Jodasc) serta mendukung pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia. Hal ini diharapkan tidak hanya dapat meningkatkan daya saing jurnal di tingkat nasional, tetapi juga memperkuat reputasi UNS sebagai institusi pendidikan tinggi yang berkomitmen terhadap kualitas penelitian dan publikasi ilmiah. Pelatihan ini menjadi langkah strategis dalam menjaga keberlanjutan publikasi berkualitas, serta memperkuat posisi Prodi Sosiologi dalam kancah akademik yang semakin kompetitif.

 

Penulis: Yustia Atsanatrilova Adi

Editor: Triana Rahmawati dan Aisya Lu’luil Maknun