Realisasi Ide Digital Inovasi Gobran.id untuk Pelaku UMKM di Desa Branjang melalui Program Studi Independen PT. Amati Indonesia

Seiring perkembangan zaman, saat ini semua hal sudah dilakukan secara digital, mulai dari komunikasi sampai hal terkait jual-beli. Dengan kemajuan teknologi yang ada transaksi jual-beli lebih mudah dilakukan, namun kemudahan tersebut kadang kurang digunakan oleh beberapa penjual atau pembeli. Hal ini disebabkan karena baik penjual atau pembeli tidak memahami bagaimana cara melakukan transaksi jual-beli secara digital. Seperti halnya yang terjadi di Desa Branjang, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Sebagian besar pelaku UMKM di sana masih kurang memahami penjualan secara digital.

Melalui program Studi Independen Amati Indonesia, para peserta mendapatkan kesempatan untuk terjun langsung mengatasi berbagai masalah yang dirasakan oleh masyarakat beberapa desa di Indonesia. Dengan berbasis team project dan problem solving, setiap tim diminta untuk mengidentifikasi masalah yang ada di desa mitra dan mencari solusi yang berbasis digital selama 6 bulan. Setiap peserta akan menjalani masa training sebagai pembekalan untuk terjun langsung mengidentifikasi masalah yang ada di desa mitra. Peserta juga mendapatkan tugas baik kelompok atau individu untuk mengasah skill peserta.

Melalui program ini, salah satu mahasiswa Program Studi Sosiologi Dwi Pangestuti (D0320029) dan tim diterjunkan ke sebuah desa yang bernama Desa Branjang, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Melihat masalah yang ada disana dan potensi yang ada, tim tertarik dengan permasalahan tersebut. Kami merasa tertarik karena potensi dari produk-produk lokal di sana sangat beragam. Mulai dari makanan, minuman, hingga kerajinan, namun kebanyakan dari pelaku UMKM di sana atau penjual masih kurang memahami promosi produk secara digital.

Berdasarkan masalah tersebut dan potensi yang ada, tim Studi Independen Amati Indonesia membuat solusi berupa website khusus sebagai market place untuk penjualan produk yang ada di Desa Branjang. Inovasi yang dibuat, diberi nama Gobran.id. Gobran.id merupakan marketplace khusus yang hanya berisi produk-produk lokal Desa Branjang. Inovasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk UMKM Desa Branjang.

Program ini sangat memberikan kebermanfaatan untuk peserta dan juga desa mitra. memberikan peluang yang besar untuk meningkatkan skill peserta dan membantu desa mitra untuk mengatasi masalah yang mereka rasakan.

Penulis: Dwi Pangestuti (D0320029)