Social Media Specialist Magang Merdeka di PT Widya Inovasi Indonesia

Pesatnya perkembangan telekomunikasi dan informatika individu dapat dengan mudah dalam mendapatkan informasi dan berkomunikasi dengan siapapun. Perkembangan teknologi informasi juga sangat berkembang pesat di berbagai kegiatan bisnis untuk menjalankan usahanya. Strategi pemasaran dan media yang tepat digunakan untuk meraih pasar yang dituju sehingga volume penjualan selalu meningkat dan profit. Digital Marketing adalah salah satu media pemasaran yang saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat untuk mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan. Media sosial yang merupakan salah satu bagian dari media pemasaran menjadi salah satu pertimbangan karena penggunaannya yang mampu menjadi sorotan publik dalam kehidupan sehari-hari. Kehadiran media sosial juga mampu mempengaruhi penggunaannya dalam bertindak (Gumilang, 2019). 

 

Dengan kehadiran teknologi yang telah mengubah cara penyebaran informasi, sangat membantu mahasiswa dalam mencari informasi mengenai media serta sarana untuk belajar dan mencari pengalaman baru. Salah satu informasi terkait dengan program Magang dan Studi Independen (MSIB) Kampus Merdeka yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Dikti Ristek). Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan untuk mahasiswa belajar dan mengembangkan diri untuk berhasil mencapai pembelajaran dan mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal dan menghubungkan mahasiswa dengan dunia industri dan memberikan pengalaman praktis yang relevan dengan bidang studi mereka. Program MSIB bekerjasama dengan banyak mitra, salah satu mitra MSIB adalah PT Widya Inovasi Indonesia yang merupakan perusahaan berbasis start-up yang dibentuk pada tahun 2018 oleh Alwy Herfian Satriatama dan bergerak pada bidang perkembangan teknologi terutama pada bidang robotika dan kecerdasan buatan atau biasa disebut Artificial Intelligence (AI). 

 

Diva Putri Lasmoro merupakan mahasiswa Sosiologi FISIP UNS yang berkesempatan untuk mengikuti MSIB Batch 5 dengan mitra PT Widya Inovasi Indonesia. Dalam pelaksanaan project magang, Diva bergabung ke dalam Divisi Social Media Specialist yang bertanggung jawab  untuk mengelola media sosial dalam melakukan strategi digital marketing. Diva ditugaskan untuk berfokus pada pengelolaan platform Instagram dan LinkedIn Widya Imersif. Sebelum memulai tugas sebagai Social Media Specialist, Diva telah dibekali oleh matrikulasi yang diadakan pada tahap awal kegiatan program MSIB. Dimulai dari mempelajari copywriting, project management, matriks dalam media sosial, serta arahan mengenai pekerjaan dan workflow yang tentunya memberikan insight yang baik dalam keberhasilan kegiatan yang Diva jalani. Kegiatan yang Diva lakukan selama program magang berlangsung yaitu:

  1. Melakukan Analisis dan Riset Sosial Media PT Widya Inovasi Indonesia 
  2. Membuat content plan untuk media sosial PT Widya Inovasi Indonesia
  3. Melakukan brainstorming dan diskusi perencanaan konten
  4. Bekerjasama dengan stakeholder 
  5. Membuat laporan konten

 

Setelah melakukan riset dengan hasil analisis konten media sosial dan menyusun berbagai perencanaan, kemudian Diva membuat konten untuk platform Instagram yang membahas mengenai informasi kesehatan serta produk-produk yang dimiliki oleh Widya Imersif, banyaknya konten yang dibuat adalah 5 konten yang berisikan 3 unggahan dan 2 dalam bentuk video pendek. Pembuatan konten juga dilakukan untuk platform LinkedIn yang berisikan 5 konten setiap minggunya yang membahas mengenai dunia kerja, mulai dari bagaimana cara membuat Curriculum Vitae sampai tips  yang bisa dilakukan untuk posisi tertentu.

 

Dalam melaksanakan program Magang Kampus Merdeka Diva mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat terutama dalam menghadapi dunia kerja yang nyata, mulai dari soft skill seperti kemampuan komunikasi, decision making, dan kemampuan dalam menganalisis audience. Selain itu, Diva juga mendapatkan ilmu yang dapat meningkatkan hardskill yang sudah Diva miliki seperti membuat brief untuk konten serta membuat konten itu sendiri. Adapun hasil yang didapatkan  Diva dalam mengikuti kegiatan ini adalah sebagai berikut:

  1. Kemampuan komunikasi untuk menyampaikan ide konten secara verbal maupun tulisan.
  2. Decision making yang digunakan ketika diminta untuk membuat content plan yang sesuai dengan hasil pencapaian dari konten sebelumnya.
  3. Menganalisis Audience dari hasil konten yang sudah dilakukan sebelumnya agar bisa mengembangkan konten berikutnya.
  4. Belajar membuat jadwal dan perencanaan pembuatan konten dengan menyusun content plan dalam membuat konten serta menjadwalkannya di aplikasi bernama trello untuk menentukan deadline dari konten yang telah dibuat.
  5. Teori dasar mengenai digital marketing yang digunakan untuk memperkenalkan brand awareness serta brand identity untuk memperluas target pasar.

 

Penulis: Diva Putri Lasmoro (D0321033)

Editor: Triana Rahmawati dan Aisya Lu’luil Maknun