Bersiap Hadapi Tantangan Dunia Kerja Era Digital, HIMASOS Adakan Pelatihan Desain dan Kepenulisan

SOSIO FISIP UNS (4/12)-Era milenial memberikan tantangan dan tuntutan baru pada dunia kerja. Kemudahan akses justru memberikan peluang besar bagi perusahaan untuk mengetahui personal branding calon pekerjanya. Personal branding dinilai menjadi faktor yang cukup penting untuk bisa sukses menghadapi rekrutmen kerja di era milenial. Atas dasar tersebut, Himpunan Mahasiswa Sosiologi (HIMASOS) FISIP UNS mengadakan acara Kepelatihan Desain dan Kepenulisan bertajuk “Built the Personal Branding in The Digital Era”. Dipilihnya tema ini dikarenakan pada era digital saat ini media sosial terus berkembang secara kuantitas maupun kualitas di masyakarat seperti instagram,twitter, facebook. Maka dari itu membangun personal branding pada diri dinilai cukup penting karena dapat menunjukkan keahlian dan kepribadian kepada semua orang. Dengan proses ini maka seseorang akan memiliki sebuah ciri khas terlebih sebagai seorang mahasiswa ataupun fresh gradute yang nantinya dapat digunakan dalam mencari pekerjaan terutama dalam penulisan Curicullum Vitae (CV).

Acara ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan HIMASOS dengan pembaruan disetiap tahunnya. Tahun ini HIMASOS mengundang 2 pembicara yang handal dalam bidang kepenulisan dan desain yaitu Azhar Suardi dan Armando Radityawan. “Dipilihnya 2 pembicara tersebut karena kami melihat bahwa mas Azhar dan mas Armando merupakan content creator dan HRD yang sudah lama menekuni bidang tersebut dan karena kami rasa dengan melihat Portofolio dan pengalaman mereka berdua sudah bisa sesuai dengan tema webinar yang kami pilih.” ucap Safa, salah satu panita acara.

Acara ini diisi dengan pemaparan materi mengenai tips-tips pembuatan CV yang baik dan menarik dengan tujuan utama dalam bidang pekerjaan. Selain itu, diskusi juga dipimpin oleh moderator yang berasal dari mahasiswa Sosiologi FISIP UNS angkatan 2020 yaitu Vina Damayanti. Acara berlangsung sukses dengan total peserta sebanyak 50-60 orang dan berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Rata-rata peserta merupakan mahasiswa dan fresh graduate yang ingin melamar kerja dan memulai bidang desain dan content creator. Melalui acara ini HIMASOS berharap para peserta mendapatkan ilmu dan mampu menanamkan jiwa kreativitas dan keterampilan mereka terkait cara-cara mendesain secara menarik di sosial media serta mampu membangun branding di sosial media dan mampu mengembangkan personal branding mereka kedepannya.

 

Editor : Novel Adryan Purnomo